"Read Aloud" untuk Anak Usia Dini

    AnggunPaud - Membaca merupakan salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan ilmu pengetahuan anak. Akan tetapi untuk menyadarkan kecintaan membaca pada anak tidak semudah yang kita bayangkan karena kecenderungan anak untuk bermain relatif tinggi. Bagi anak yang di lingkungan keluarga maupun sekolah sudah terbiasa diciptakan suasana membaca, baik itu buku dongeng, fable, cerita rakyat, gambar, dan buku lainnya dapat dipastikan bahwa dalam kegiatan keseharian anak tidak dapat lepas dari yang namanya buku.

    Buku bagi anak adalah tempat sekaligus teman bermainnya. Dari sini orang tua dan guru tentu harus sudah mulai mengarahkan anaknya untuk suka kepada buku sedini mungkin. Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan hal itu tidak begitu mudah. Perlu adanya ide-ide kreatif, coba-coba dan cara efektif yang bisa membuat anak cinta terhadap buku. Salah satu cara yang efektif dan dapat dilakukan oleh semua orang tua dan guru adalah reading aloud atau membacakan buku dengan suara lantang pada anak.

    Read aloud ini bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Karena dengan sedini mungkin mengenalkan buku, maka semakin optimal untuk membangun rasa kecintaan anak kepada buku. Terlebih, saat memperkenalkan buku pada masa-masa golden age (0-5 tahun), potensi anak untuk cinta terhadap buku begitu hebat karena pada usia itu daya serap anak begitu cepat.

    Mungkin kita pernah mendengar bahwa hari ini anak usia dini tidak diperkenankan diajari membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi mengenalkan anak untuk membaca saat usia dini tentu tidak menjadi sebuah masalah jika yang dilakukan itu bukan menuntut anak untuk bisa membaca namun membuat anak suka membaca.

    Dengan anak suka membaca maka ada beberapa manfaat yang bisa anda ketahui. Pertama, keterampilan literasi anak semakin berkembang. Perkembang ini terjadi melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan berbicara, membaca dan menulis. Kedua, memperkaya kosa kata anak. Terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan saat membaca. Ketiga, saat anda membacakan cerita maka kedekatan orang tua, guru, dan anak terbangun. Karena anda telah berhasil berhubungan dengan anaknya “how to connet the audience.”

Dari ketiga manfaat read aloud yang sudah anda ketahui maka sudah sepantasnya sebagai orang tua mulai mengajak membacakan cerita kepada anaknya. Karena barangkali ini adalah cara untuk menjadikan anak anda sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas dan diidamkan. Selamat mencoba!

sumber gambar :www.123rf.com

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar