PAUD Sebaga Investasi Cerdas

Kalau kita ingin menjadi bangsa yang lebih baik, investasilah di usia dini. Saya tidak ego sektoral karena saya Direktur Pembinan PAUD. Pemikiran tersebut disampaikan Direktur Pembinaan PAUD, R. Ella Yulaelawati R., M.A. Ph.D pada kegiatan “Seminar Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum 2013 PAUD” yang dilaksanakan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) DKI Jakarta  (Jakarta, 29/08/2018).

Peraih nobel ekonomi tahun 2000 Prof.  Heckman bukan ahli dokter anak, tetapi ahli ekonomi mengatakan, investasi 1 dollar di usia dini menghasilkan 13 dollar imbal hasil investasi. Prof. Heckman sudah melihat dan meneliti sampel angkatan kerja yang masuk PAUD berkualitas dengan yang tidak masuk PAUD berkualitas. Yang masuk PAUD rata-rata kalau laki-laki dewasa meningkat penghasilannya lebih tinggi 19.000 sampai 24.000 dollar pertahun, tetapi yang tanpa PAUD yang berkualitas itu tidak, ujar Ella Yulaelawati

Lebih lanjut Ella Yulaelawati, menambahkan bahwa, menurut Heckman terdapat masalah gender yang signifikan. Untuk perempuan ini meningkatkan kelulusan SLTA perempuan 13 sampai dengan 25 persen. Maknanya begini perempuan di Indonesia juga sama mengalami kesulitan untuk akses. Kadang-kadang orangtua yang pengetahuannya kurang, bilangnya begini “ah biar saja walaupun masih kecil bisa temanin adiknya, kalau tidak ada adiknya, perempuan terlalu kecil untuk apa sekolah tinggi-tingi”. Tetapi kalau anak laki-laki juga buka karena investasi, karena kadang-kadang katanya begini “ngapain dirumah, dari pada di rumah nakal, kirim kesekolah aja”.

Memperluas akses untuk PAUD yang berkualitas tinggi merupakan suatu investasi yang cerdas yang dapat kita lakukan bersama-sama. Jadi Mari kita satukan gerak langkah dalam perlindungan anak usia dini, yang berkualitas untuk semua, dan semua untuk kualitas, yang meningkatkan seluruh potensi anak dalam membangun manusia berkualitas dimasa depan yang lebih baik, harap Ella Yulaelawati. (adrianto)

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar