Pusat PAUD Asia Tenggara Dikebut

JAKARTA (HN) -Pemerintah terus memacu pembenahan sektor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satu langkah melalui kerja sama dengan Southeast Asian Ministers Organization (SEAMO) atau organisasi menteri pendidikan Asia Tenggara.

"Kebijakan pemerintah Indonesia selama ini memang difokuskan ke pendidikan dasar dan menengah. Setelah keduanya sudah berjalan baik, kami baru fokus ke PAUD," tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ketika ditemui di sela acara SEAMEO ke-49 di Jakarta, Rabu (25/7).

Menurut Muhadjir, Kemendikbud RI sudah menyiapkan langkah kongkret meningkatkan mutu PAUD. Mereka berencana mendirikan regional center ketujuh SEAMEO di Tanah Air, yaitu Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (CECCEP) di Lembang, Jawa Barat.

Sejauh ini, Indonesia sudah membangun enam regional center SEAMEO. Kehadiran CECCEP diharapkan meningkatkan kualitas PAUD di Tanah Air dan Asia Tenggara.

"Saya berharap program CECCEP dapat meningkatkan pendidikan anak usia dini di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia," ujar Muhadjir.

Dirjen PAUD Kemendikbud RI Harris Iskandar menyambut positif rencana kerja sama dengan SEAMEO. Dia percaya langkah ini dapat membuat pemerataan dan peningkatan mutu PAUD berjalan bersamaan.

Harris mengatakan, Kemendikbud RI akan merenovasi Gelanggang Olah Raga milik Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

"Proses renovasi ditargetkan selesai pada akhir tahun ini," ujar Harris 

Sekretaris SEAMEO Gatot Hari Priowirjanto mengatakan, pembangunan CECCEP bukan semata usulan Kemendikbud RI. Menurut dia, program tersebut dijalankan setelah disetujui para menteri pendidikan yang tergabung dalam SEAMEO. Gatot menilai, setiap program disesuaikan dengan urgensi. SEAMEO diyakini belum memiliki regional center untuk PAUD.

"Indonesia memang mengusulkannya. Usulan pun didukung oleh menteri pendidikan negara lainnya," tutur Gatot. 

SEAMEO terdiri dari 11 negara anggota, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Mendikbud RI Muhadjir Effendy terpilih sebagai Presiden SEAMEO periode 2017-2019. Muhadjir menggantikan posisi Menteri Pendidikan Thailand Teerakiat Jareonsettasin. 

Sumber: http://harnas.co/2017/07/26/pusat-paud-asia-tenggara-dikebut

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar