Pendidikan Keberagaman Masuk Kurikulum PAUD

Memperkenalkan anak tentang bertoleransi menjadi rangkaian kurikulum pembinaan Anak usia dini. Sejak Dini anak-anak harus diajarkan bagaimana beribadah dan menghargai orang yang melakukan kegiatan ibadah lain.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Ella Yuleawati menuruturkan, pendidikan agama di lingkungan anak usia dini memang perlu diperkenalkan. 

"Tujuannnya agar anak tidak binggung bagaimana sih cara melakukan ibadah, dan bagaimana sih seharusnya kita bersikap ketika ada orang lain yang melakukan kegiatan agama yang berbeda,"ujarnya Ella kepada HARIAN NASIONAL, Kamis (8/6).

Begitu juga bagi mereka yang bukan beragama islam di bulan ramadhan sesuai kurukulum PAUD 2013 juga harus diberikan materi-materi bagaimana cara menghargai orang yang berpuasa, atau beribadah.

Terkait pemberian materi sendiri untuk anak usia 1 sampai 4 hanya sebatas perkenalan apa itu ibadah (puasa,sholat,zakat). Dan aspek-aspek apa saja yang ada saat hari raya keagamaan atau bulan-bulan suci seperti saat ini.

"kalau anak usia 1 sampai 4 sebatas memeperkenalkan dengan buku cerita, atau menggambar elemen saat hari raya seperti ketupat, masjid ya apapun itu. Kan anak seumur itu harus dicontohkan dulu, kebanyakan belum bisa diperintahkan untuk puasa,"ujarnya.

Ella menambahkan saat bulan suci ini tentu materi seputar ramadhan lebih banyak. Menurutnya momen ramadhan, banyak hal yang bisa disampaikan kepada anak-anak.

"Seperti berbagi, menahan amarah, atau beramal, Ramadhan ini merupakan momennya.harapannya adalah nanti akan diaplikasikan di rumah mereka masing-masing,"katanya.Eko B Harsono/Tegar Rizqon

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar