Manfaat Bermain Melipat Kertas bagi Anak

“Aku sudah jadi pesawat kertasnya,” kata Mafi setelah melipat-lipat kertasnya membentuk pesawat kertas. “Mafi, terbangkan pesawat kertasmu!,” kata Nera. Mafi melempar pesawat kertasnya. Kertas pun terbang tinggi di udara dan menari-nari. Anak-anak berteriak senang, sebelum akhirnya pesawat kertas terjun ke lantai. Semua anak pun bersuka ria penuh gembira.

Inilah salah satu permainan berkesan bagi anak-anak, yaitu melipat kertas menjadi pesawat kertas. Tentu saja, sebenarnya tidak hanya pesawat kertas yang bisa dilipat-lipat menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak. Bentuk-bentuk lain pun bisa dibuat, misal, perahu, robot, burung, boneka, binatang, dan lain sebagainya.

Namun persoalannya anak-anak tidak memiliki keterampilan untuk membuatnya. Untuk itu, perlu diajarkan pada anak-anak, terutama sejak usia dini mengenai keterampilan dalam melipat kertas. Hal ini penting dilakukan, karena bermain dengan keterampilan melipat kertas akan memberikan dampak positif bagi anak-anak.

Pertama, dengan terampil melipat kertas, maka motorik halus akan berkembang dengan baik. Jari-jari anak akan terampil dalam melakukan berbagai gerakan melipat, mulai dari tingkat yang sulit sampai mudah. Ini akan memberikan keterampilan penting dalam perkembangan anak.

Kedua, dalam melipat kertas, anak-anak akan diajari tentang komposisi, yaitu kemampun mengatur ruang, jarak, dan ketepatan. Ini jelas akan mengembangkan kecerdasan anak. Anak yang terampil dalam melipat kertas, pasti memiliki kemampuan kognitif yang baik. Dia pasti anak yang cerdas, karena bisa memahami komposisi ruang dengan baik.

Ketiga, mengembangkan kesenangan. Kita harus akui salah satu kegiatan bermain yang abadi, selalu dilakukan oleh anak dalam lintasan generasi, dan tanpa berubah. Kebanyakan anak pernah merasakan bermain dengan melipat kertas, dan mereka senang dengan kegiatan bermain ini. Di sinilah, kegiatan bermain melipat kertas selalu mengembangkan rasa senang dan gembira anak.

Keempat, dalam kegiatan bermain melipat kertas, biasanya anak akan bermain kertas di lapangan. Permainan pun akan melibatkan gerak secara aktif. Ini akan membuat anggota tubuh anak-anak bergerak, sehingga menyehatkan anak. Jadi bermain melipat kertas itu menyehatkan. *

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar