Mendikbud akan Tingkatkan Beasiswa Guru PAUD

     AnggunPaud  – Pemerintah akan menyediakan beasiswa bagi peningkatan kualifikasi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setelah dalam beberapa tahun ini PAUD mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

     “Pertumbuhan PAUD ini sangat pesat sekali,  sementara kualifikasi yang sifatnya formal tidak akan bisa mengejar. Bahkan sekarang  PAUD itu pengajarnya harus berijazah S1, dan itu lembaga penyelenggaranya juga sangat terbatas,” ujar  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan Usia Dini di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, pertengahan Mei lalu.

     Karena itu, Kemdikbud menyediakan beasiswa walaupun jumlahnya tidak besar, untuk mereka yang sudah menjadi guru PAUD  untuk melanjutkan studi,” jelas Muhadjir.

     Mendikbud berjanji  untuk menggencarkan pemberian beasiswa non-degree bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini demi meningkatkan ilmu dan kualitas pengajaran mereka  dalam  mengawal  perkembangan  anak. "Ke depan akan kami tingkatkan utamanya beasiswa non-degree karena kalau degree akan terlalu lama sedangkan mereka sudah dibutuhkan di lapangan."

       Menurut Muhadjir, beasiswa itu bersifat mendesak karena banyak guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang masih belum memiliki latar belakang pendidikan usia dini. Kendati demikian,  ia mengakui saat ini peningkatan kualitas pendidikan usia dini belum menjadi prioritas kementeriannya  meski dinilai sangat penting dalam mengawal perkembangan anak.

      "Saya akui jujur sektor pendidikan usia dini saat ini belum mendapat prioritas Kemdikbud. Ini karena keterbatasan anggaran," kata dia dalam acara bertajuk "Memajukan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mencerdaskan Generasi Emas Bangsa" itu.

       Menurut Mendikbud, saat ini  kementerian masih fokus memaksimalkan tiga sektor pendidikan yakni pendidikan vokasi, pendidikan karakter, dan pemerataan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dengan demikian beasiswa bagi guru PAUD belum bisa dioptimalkan untuk saat ini. "Mudah-mudahan ke depan anggaran serta kebijakan Kemdikbud bisa lebih fokus untuk pendidikan usia dini."

      Mendikbud berharap peningkatan kualitas pendidikan usia dini bisa diperjuangkan bersama masyarakat. Hal itu, menurut dia, karena jumlah pendidikan usia dini baik PAUD atau TK lebih banyak dikelola masyarakat atau yayasan, yakni dari 92.000 PAUD dan TK di Indonesia, baru 3.000 PAUD  yang dikelola pemerintah. * (Antara)

Sumber gambar : http://pgtk--darunnajah.blogspot.co.id

Bagikan Artikel Ini

Komentar (3)

  • Sri Rahayu

    ijinkan saya ikut medafatr, dan semoga bisa diterima, amin

    2017-06-12 14:53:00
  • MA'MUN

    Semoga Cepat terealisasi Pak Mentri. Aamiin.. Terima kasih

    2017-06-01 04:49:00
  • WIDIARTI

    Semoga cepet terealisasi Pak Mentri, karena banyak sekali Guru PAUD yang terkendala biaya ketika mau melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Sarjana (Strata Satu). Kalalupun kebetulan mereka sudah S1 kebanyakan dari mereke tidak linier atau dari Jurusan yang berbeda. terima kasih. WIDIARTI Guru dan Kepala Sekolah TK Islam Al Kahfi Babakan Kabupaten Cirebon

    2017-05-31 05:33:00

Silahkan Login untuk memberi komentar