Berkreasi dengan Squishy

     AnggunPAUD - Siapa yang tidak tau squishy? mainan lunak terbuat dari busa atau spons yang mempunyai kemampuan untuk kembali ke bentuk semula. Anak-anak biasa memainkannya dengan cara meremas di kala mereka bosan atupun emosi. Dengan bentuk dan karakter yang beragam membuat squishy banyak disukai anak-anak. Squishy biasa hadir dalam bentuk gantungan dan boneka lucu berbentuk buah, hewan, karakter komik, dan makanan.

     Selain untuk dimainkan, ternyata squishy juga dapat digunakan sebagai media pengembang kreatifitas anak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengajak anak untuk membuat squishy mereka sendiri. Saat kegiatan ini berlangsung anak akan diajak untuk berpikir membuat kreasi sesuai imajinasinya. Ini dapat menjadi stimulus yang baik bagi pengembangan kretivitas anak. berikut adalah cara membuat Squishy yang dapat anda praktekan bersama anakdi rumah. Alat dan bahan yang dibutuhkan saat membuat Squishy adalah:

1. Spons cuci piring boleh berbentuk kotak ataupun lingkaran; 2. lem putih (lem kuat) atau lem yang lain yang tidak kaku saat kering; 3. Puffy Paint (cat timbul) warna sesuai selera. Bila sulit mendapatkan cat timbul bisa menggunakan cat poster; 4. Gunting; 5. Wadah plastik; 6. Kuas.

Cara membuat :

 Pertama, potonglah busa sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contohnya bila ingin membuat potongan pizza, maka spons dibentujk lingkaran menyerupai bentuk potongan pizza. Bisa juga menggunakan spons berbentuk persegi untuk membuat potongan roti tawar dan lainnya. Ada baiknya biarkan anak mengimajinasikan sendiri bentuk yang akan dibuat, tugas guru atau orang tua hanya sebagai pendamping.

Kedua, siapkan wadah plastik. Masukan lem putih dan cat timbul atau cat poster, aduk hingga rata. Satu wadah untuk satu warna.

Ketiga, proses pewarnaan. Pastikan spons yang anda punya dalam keadaan kering. Karena apabila basah, cat pewarna yang telah anda buat tidak dapat menempel dengan baik. Gunakan kuas sebagai media pemberi warna. Saat pewarnaan, berilah warna dasar sesuai dengan bentuk apa yang ingin anda dan si kecil buat. Warnai secara rata dan menyeluruh. Dan saat anda ingin menambahkan warna lain pastikan warna sebelumnya sudah mengering. Ini bertujuan agar tidak ada pencampuran warna yang tidak diinginkan saat pewarnaan.

Keempat, proses pengeringan. Ini adalah tahap akhir dalam pembuatan squishy. Pada tahap ini anda hanya perlu memastikan spons yang sudah diwarnai mengering dengan sempurna. Anda dapat menggunakan pengering rambut listrik untuk mempercepat waktu pengeringan, dan bila tidak punya cukup menggunakan sinar matahari langsung untuk mengeringkannya.

   Setelah benar-benar kering, untuk menambah kesan cantik anda dapat memberinya gantungan kunci ataupun tali agar dapat di gunakan sebagai aksesoris yang akan membuatnya bangga dengan kreasinya. Ini juga dapat dijadikan sebagai reward bagi anak yang nantinya akan menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri yang baik untuk mereka. *

*Putri Puji Ayu Lestari – Relawan Kampung Literasi Wadas Kelir Purwokerto

Bagikan Artikel Ini

Komentar (1)

  • lely diah eko priyantini

    terimakasih mba putri,....sangat inspiratif.....coba kalau beli squishy..wuiiihhh mahal buuuuuuu

    2017-05-29 14:19:00

Silahkan Login untuk memberi komentar