Menumbuhkan Perilaku Pro Sosial pada Anak

     AnggunPAUD - Perilaku prososial anak adalah perilaku anak yang mencerminkan sebuah tindakan nyata membantu atau menolong orang lain. Perilaku prososial perlu ditumbuhkan pada anak sejak dini. Dalam prosesnya, prilaku prososial dapat distimulasi melalui berbagai kegiatan baik itu melibatkan anak secara aktif maupun pasif.

    Anak-anak yang mempunyai perilaku prososial akan mudah diterima dimanapun mereka berada. Mereka akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga gampang untuk mendapatkan teman baru. Disamping itu anak yang berperilaku prososial yang baik merupakan titik awal anak yang mempunyai kecerdasan social yang tinggi. Apa saja cara menumbuhkan sikap prososial pada anak?

Pertama, ajak anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Interaksi anak dapat dilakukan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Ajak anak-anak terlibat aktif dalam permainan sehingga mereka menjadi akrab dan mengenal lebih dekat antara satu dengan lainnya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanamkan anak untuk mentaati aturan yang berlaku dalam permainan tersebut.

Kedua, Ajari anak utuk mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada. Kita bisa menciptakan permainan yang menggunakan stiker simbol emoticon untuk mewakili ekpresi sedih, senang, antusias ataupun kecewa. Simbol tersebut bisa digunakan anak dalam mengekpresikan perasaan mereka.

Ketiga, biasakan anak untuk menghargai teman lain. Bentuk penghargaan anak kepada teman adalah dengan cara membangun kesadaran untuk menghormati hak orang lain. Seperti menghormati pendapat teman yang mungkin berbeda, member pujian pada karya teman. Diharapkan dengan anak terbiasa menghormati orang lain nantinya akan muncul sikap empati dan toleran sejak dini.

Keempat, tumbuhkan sikap kerjasama dengan teman. Kerjasama yang tercipta antar anak akan menumbuhkan pula rasa ingin selalu berbagi dengan teman. Banyak hal yang bisa dibagi antara anak dengan temannya. Misalnya berbagi mainan, makanan ataupun minuman. *

*Ening opsiyah, S.Pd Guru TK ABA Gendingan kota Yogyakarta

sumber gambar : http://nak-anak.blogspot.co.id

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar