Mengajarkan Bahasa Asing pada Anak

   AnggunPAUD - Tantangan global merupakan tantangan yang sudah ada di depan mata. Mau tidak mau masyarakat pun harus siap dengan berbagai tantangan yang akan di hadapi pada masa yang akan datang. Pengglobalan ini memicu masyarakat dunia untuk mampu berkomunikasi antara satu sama lain. Hal ini merupakan hal wajib ketika menghadapi dunia yang semakin kompetitif.

   Salah satu hal yang sangat penting dipelajari oleh masyarakat dunia adalah bahasa, bahasa internasional merupakan bahasa yang harus dipelajari, misalnya bahasa Inggris. Bahasa adalah kebiasaan. Bahasa akan tertanam baik pada seseorang apabila diajarjkan sejak dini. Anak-anak harus dibiasakan dalam kondisi lingkungan yang memungkinkannya untuk belajar bahasa. Berikut ini beberapa kiat yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mengkondisikan anak-anak mereka untuk terbiasa dengan bahasa Inggris.

Pertama, gunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah di mengerti anak. Mengajari bahasa Inggris pada anak bisa dimulai dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti “close the door please” sambil orang tua memperagakan menutup pintu. Lalu pada waktu selanjutnya gunakanlah kalimat yang sama dan anak akan merespon dengan menutup pintu.

Kedua, putarkan lagu dan film berbahasa Inggris untuk anak-anak. Orangtua juga bisa mengajarkan bahasa Inggris kepada anak dengan cara-cara yang menyenangkan seperti memutar lagu atau pun film berbahasa Inggris kesukaan anak. Hal ini menyebabkan anak juga ikut menirukan kata-kata ataupun lirik lagu yang diputarkan. Sehingga anak-anak akan semakin fasih dalam mengucapkannya.

Ketiga, berikan dongeng berbahasa Inggris sebelum anak-anak tidur. Selain itu, orang tua juga bisa membelikan buku dongeng bergambar berbahasa Inggris atau dua bahasa (bilingual).

Keempat, ajari kosa kata dengan media gambar yang menarik. Orang tua juga bisa membelikan atau membuatkan media gambar yang menarik. Buatlah dalam berbagai bentuk yang unik, misalnya dibuat puzzle bergambar boneka. Lalu bermainlah dengan anak sambil menyebutkan bahasa Inggrisnya “doll”. Maka anak akan semakin tertarik untuk belajar.  Buatlah media gambar yang menarik dengan sentuhan kreatif orang tua agar semakin menarik.

Kelima, biasakan bercakap-cakap dengan anak menggunakan bahasa Inggris. Orang tua juga harus memberi contoh bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris. Percakapan ini juga harus melibatkan anak agar semakin fasih berbahasa Inggris dan membiasakan diri mereka untuk melakukan percakapan yang aktif. *

*Feny Nida Fitriyani, mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar