Pentingnya Menyekolahkan Anak Usia Dini

    AnggunPaud - Anak usia dini merupakan masa anak yang sangat penting dan perlu untuk dioptimalkan. Masa ini merupakan masa dimana anak mampu mengembangkan kecerdasannya sampi 80 persen serta sisanya akan dilanjutkan pada masa selanjutnya. Selain itu, identitas diri anak juga terbentuk saat usia dini, sehingga stimulasi atau rangsangan yang baik akan memberikan dasar atau fondasi yang baik untuk anak.

    Keberhasilan anak dalam melewati masa ini akan menentukan keberhasilan anak pada masa selanjutnya. Realita yang terjadi adalah masih banyak orang tua yang kurang menyadari akan pentingnya pemberian stimulasi yang tepat pada masa anak usia dini. Ketidaktahuan ini menyebabkan masih banyak orang tua yang urung untuk menyekolahkan anak-anak mereka di berbagai lembaga PAUD, baik lembaga Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), TPA dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).  

    Padahal tujuan dibentuknya lembaga PAUD adalah untuk membantu anak-anak menyiapkan diri, fisik, dan mentalnya untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Lalu, mengapa orang tua perlu menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga-lembaga PAUD? Berikut beberapa alasan pentingnya menyekolahkan anak usia dini di lembaga PAUD.

Pertama, menyiapkan anak-anak untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Anak-anak perlu beradaptasi dengan hal-hal baru, khususnya dunia pendidikan. Anak tidak bisa langsung beradaptasi dengan baik saat masuk sekolah dasar. Terkadang anak mengalami shock karena belum terbiasa dengan dunia pendidikan apalagi pendidikan yang diajarkan kepada anak-anak masih konvensional dan terkadang terlihat membosankan. Hal ini berdampak pada pola pikir anak-anak bahwa sekolah itu adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. Hal ini akan lain apabila anak disekolahkan terlebih dahulu di lembaga PAUD. Pasti mereka akan mengalami hal yang berbeda, mereka akan beradaptasi dahulu dengan pendidikan melalui permainan-permainan yang menyenangkan. Tentu hal ini akan berimbas pada anak, anak akan berpikir bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. Sehingga saat anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, anak sudah tidak mengalami kekagetan atau shock.

Kedua, mengoptimalkan masa peka anak. Masa anak merupakan golden age atau masa emas. Anak-anak mengalami perkembangan kecerdasan yang luar biasa sehingga anak-anak menjadi begitu peka. Anak-anak sangat mudah menerima rangsang apapun yang diberikan lingkungan untuk dirinya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya orang tua memberikan rangsangan-rangsangan yang dapat mengoptimalkan kecerdasan yang dimilikinya. Selain mendidik dan menberikan berbagai rangsangan yang baik di rumah, orang tua juga harus mendukungnya dengan menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga PAUD agar hasilnya lebih maksimal. Sehingga anak-anak dapat berkembang secara optimal dengan pemberian rangsangan-rangsangan yang baik melalui pendidikan yang baik saat masa pekanya berlangsung.

Ketiga, Mengetahui tentang deteksi tumbuh kembang anak usia dini. Deteksi tumbuh kembang anak usia dini merupakan hal mendasar yang harus orang tua tahu. Dengan menyekolahkan anak di lembaga PAUD, anak akan semakin terarah dan dengan adanya guru-guru yang sudah mengetahui hal-hal apa saja yang harus diberikan kepada anak saat anak-anak bersekolah di lembaga PAUD. Guru akan mencari tahu, potensi apa saja yang dimiliki anak.

   Tidak hanya itu, gurupun akan mengukur perkembangan baik fisik maupun psikis anak-anak. Apabila ada yang bermasalah maka akan terlihat dan cepat mendapatkan penanganan. Sehingga perkembangan anak-anak akan semakin terkontrol. *

*(Feny Nida Fitriyani, mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar