Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

     Angunpaud - Membaca buku merupakan sarana hiburan dan sarana menambah wawasan yang baik untuk anak. Selain itu, membaca juga dapat merangsang otak anak untuk selalu berfikir kreatif dan peka terhadap lingkungan. Namun, menumbuhkan minat baca pada anak agar menjadi suatu kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya rangsangan atau peran langsung dari keluarga untuk menumbuhkan minat baca terutama pada usia dini.

     Masa yang tepat untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah masa awal kehidupan anak hingga usia pra sekolah. sebab, pada usia sekolah anak telah mengenal aktivitas lain yang Menurutnya lebih menyenangkan. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini. Berikut merupakan beberapa kiat yang dapat menumbuhkan minat baca anak yang dapat anda terapkan :

Pertama, pilihlah buku bacaan yang menarik. Buku yang penuh dengan warna dan gambar yang lucu dapat menarik perhatian anak, tentu yang dimaksud adalah buku bacaan anak seperti komik, buku aktifitas anak, kumpulan dongeng, dan sebagainya. Cara sederhana ini dapat digunakan sebagai awal yang nantinya akan menumbuhkan minat baca pada anak terutama usia dini.

Kedua, bercerita atau mendongeng sebelum tidur. Kegiatan mendongeng merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu anak. selain itu, mendongeng juga bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi pada anak. Dengan mendongeng anak akan mulai tertarik dengan bacaan yang di baca oleh ayah ataupun ibunya.

Ketiga, jangan memaksa kehendak anak untuk membaca. hal ini sangatlah penting untuk anda pahami. Bagi anak, sesuatu yang di paksaan merupakan hal yang tidak menyenangkan. Jangan sampai niat baik anda malah menyebabkan yang sebaliknya pada anak. Carilah waktu yang nyaman mengajak anak untuk melakukan kegiatan menyenangkan ini. Pilihlah waktu yang nyaman untuk memulainya.

Keempat, tingkatkan kesadaran anak tentang pentingnya membaca. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara memberi informasi terkait kegunaan membaca dan berhubungan dengan cita-cita anak. Misalnya, saat anak anda ingin menjadi sorang pilot. Maka anda harus menjawab bahwa untuk menjadi pilot atau profesi apapun dimulai dari gemar membaca. anda juga dapat mengenalkan tokoh terkenal yang sukses karena suka membaca.

Kelima, buat suasana yang nyaman yang mendukung minat baca anak. Misalnya dengan menyediakan ruang khusus atau tempat khusus yang nyaman untuk membaca, hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti memberi karpet pada pojok kamar anak dengan rak kecil yang berisi bacaan anak. Bisa juga membangun ruang khusus untuk dijadikan perpustakaan keluarga sehingga anak akan terbiasa dengan macam-macam buku yang dapat dibacanya.

Keenam, jadikan buku sebagai buah tangan dan hadiah yang menarik bagi anak. Buah tangah adalah hal yang selalu di harapkan oleh anak saat orang tua bepergian. Dengan menjadikan buku sebagai buah tangan dan hadiah diharapkan anak akan termotivasi dengan bacaan dan meningkatkan minat bacanya.

Ketujuh, jadikan hunting book atau berburu buku menjadi kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu libur. Hunting book merupakan sesuatu yang baru bagi anak. Buatlah mereka penasaran dengan istilah-istilah yang baru dan keren bagi mereka. Untuk berburu buku, anda dapat membawa anak ke toko buku, perpustakaan atau taman baca yang dekat dengan rumah.

Kedelapan, Cara lain yang dapat membantu mengembangkan minat baca anak adalah berkordinasi dengan guru di sekolah. hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui perkembangan minat baca anak di sekolah. Dan meminta bantuan guru untuk ikut membantu dalam mengembangkan minat baca pada peserta didiknya.

Mari tumbuhkan minat baca anak sejak dini, untuk mejadi generasi muda yang berpotensi untuk membangun negeri ini. Salam Literasi.*

*Putri Puji Ayu Lestari, Tutor Bimbingan Belajar Wadas Kelir Purwokerto.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar