Cara Membuat Sandal Kaki dari Kertas

Finger painting (melukis dengan jari) merupakan hal yang menarik bagi anak. Jika anak mempraktikkan ketrampilan ini, si kecil tak hanya bertambah keterampilannnya, juga secara psikologis akan menumbuhkan kepercayaan dirinya. Akan timbul perasaan menakjubkan ketika jari-jari tangan atau kakinya dicap menjadi sebuah gambar, apalagi, jika lukisan tangan atau kakinya itu membentuk suatu wujud yang indah.

Salah satu bentuk finger painting yang bisa dilakukan di sekolah adalah dengan membentuk sandal sesuai ukuran kaki anak. Caranya, ya dengan mengecap kaki mungil mereka. Berikut uraian cara membuat sandal anak.

Alat dan bahan

1. Nampan atau alas yang agak ceper.

2. Pewarna makanan.

3. Air.

4. Sedotan.

5. Kertas karton atau manila (warna bebas, tapi sebaiknya berbeda dengan warna larutan pewarna makanan).

6. Gunting.

7. Isolasi.

Cara membuat

1. Larutkan pewarna makanan dengan sedikit air di dalam nampan.

2. Minta anak meletakkan kakinya di nampan kemudian mengecapnya pada kertas karton. Beri respons yang menyenangkan hati anak, seperti “Wah, lihat kaki Airin sudah besar. Alhamdulilah ya”.

3. Gunting kertas mengikuti pola kaki anak.

4. Gunting sedotan, lalu tempelkan sebagai pengait sandal.

5. Sandal dengan ukuran kaki anak-anak sudah selesai.

Setelah semua anak telah selesai dengan sandal masing-masing, guru bisa melakukan tanya jawab tentang kegunaan kaki, pentingnya memakai alas kaki, atau tentang perlunya meletakkan alas kaki di rak yang telah disediakan. Ajaklah anak-anak menikmati hasil karyanya. Selamat mencoba. *

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar