Mengantarkan Anak Tidur dengan Mimpi Indah

     Anggunpaud - Mimpi indah tidak semata tidur kemudian bermimpi indah. Lebih dari itu, tidur dengan mimpi indah adalah tidur dengan nyenyak dan sehat. Saat bangun tubuh anak-anak menjadi pulih. Anak-anak pun kemudian akan bisa melakukan aktivitas dengan baik karena tidurnya mampu mengembalikan stamina dan kesehatan dengan baik.

    Untuk mewujudkan tidur dengan mimpi indah ini, tidak hanya persoalan tidur sebagai gejala fisik yang lelah saja. Tetapi juga melibatkan gejala psikologis. Misalnya, saat anak menangis terisak-isak, kemudian terlelap tidur, maka anak akan tidur dengan tidak lelap. Secara psikologi beban yang membuatnya menangis bisa terbawa tidur sehingga menjadi mimpi yang menakutkan dan mengganggu tidur anak sebagai sarana pemulihan anggota tubuh anak.

    Di sinilah, salah satu peran penting orang tua adalah perannya dalam mengantarkan tidur anak yang lelap. Tidur yang akan membawa manfaat dalam proses pemulihan anggota tubuh anak. Tidur yang mampu membuat anak-anak bisa mimpi dengan indah. Untuk bisa mengantarkan tidur dengan mimpi indah ini, orang tua harus melakukan lima langkah di bawah ini :

Pertama, tidurkan anak dalam kondisi bersih. Sebelum anak tidur periksalah dulu kebersihannya. Dimulai dari anak sudah mandi, sudah mencuci muka, sampai sudah gosok gigi. Dengan kondisi yang bersih anak-anak bisa tidur dengan lelap karena tubuh kita yang bersih sudah dipersiapkan untuk tidur. Jika tubuh tidak bersih, maka tidur tidak akan nyaman.

Kedua, tidurkan anak dengan suana tenang dan gelap. Ciptakan suasana kamar yang tenang, damai, dan gelap. Suasana ini akan memancing reaksi tubuh anak-anak untuk terlelap tidur dengan tenang. Dalam tidurnya anak-anak tidak terganggu oleh aroma yang menyengat, bunyi suara yang mengagetkan, serta lampu yang menyala terlalu terang. 

Ketiga, biasakan anak tidur dengan posisi tubuh yang tepat. Jika anak sudah mau mulai tertidur atau tertidur, maka kita harus mengenalkan dan memosisikan tubuh anak dengan benar. Bisa dalam keadaan terlentang, atau miring. Ketepatan posisi tidur ini akan membuat sistem metabolisme tubuh bekerja dengan maksimal. Darah bisa mengalir dengan baik. Hasilnya tubuh kita akan bisa rehat dengan baik dan sehat, sehingga akan mengantarkan tidur anak-anak untuk bermimpi indah.

Keempat, antar tidur anak dengan dongeng yang menyenangkan. Sebelum tidur, ajaklah anak-anak untuk menikmati dongeng. Dengan yang akan mengantarkan anak-anak tidur. Dongeng yang tepat untuk mengantarkan anak tidur adalah dongeng fantasi yang indah dan menyenangkan. Jangan dongeng yang sedih dan menakutkan sebab ini akan membawa suasana hati tidur anak dengan tidak nyaman.

Kelima, tidur dimulai dengan berdoa. Dan tidak boleh tertinggal, ajari anak-anak doa sebelum tidur yang harus dibacakan sebelum anak tidur. Doa ini akan membuat Tuhan melindungi anak-anak kita dari bahaya, dan akan membuat Tuhan memberikan mimpi yang indh bagi tidur anak-anak dengan lelap.

Inilah lima hal yang harus kita lakukan pada anak-anak dalam mengantarkannya tidur dengan mimpi indah. Tidur yang menyehatkan dan menyenangkan. Tidur yang membuat anak-anak senang karena saat bangun tubuh akan pulih kembali dan membawa dampak menyenangkan bagi anak. *

*[Dian Wahyu Sri Lestari, Kepala Sekolah dan Guru di PAUD Wadas Kelir Karangklesem-Purwokerto Selatan]

Ilustrasi gambar dari: http://google.com

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar