KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN MODUL PAUD BERINTEGRITAS KABUPATEN KUPANG

KUPANG, 14 Maret 2017 – Penyelenggaran PAUD merupakan tanggung jawab mutlak dari Pemerintah, Pemerintah sudah menetapkan sejumlah paket aturan untuk menjadi acuan pengembangan PAUD berdasarkan standar kualifikasi yang diinginkan. Penyelenggaraan PAUD di Daerah, khususnya Kab.Kupang masih menemui banyak hambatan, oleh sebab itu Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini  bekerjasama antara Unicef dan Pemerintah New Zealand memberikan bantuan teknis dan finansial untuk pengembangan layanan PAUD sebanyak 100 lembaga di Kab.Kupang. Dalam rangka menunjang kegiatan pengembangan layanan PAUD tersebut kami mengadakan Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran PAUD.

Bertempat di Hotel On The Rock - Kupang, Kegiatan workshop dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 14 – 17 Maret 2017 yang dihadiri oleh 30 peserta, yang terdiri dari Pengelola lembaga PAUD Kab. Kupang, Fasilitator PAUD Kab. Kupang, praktisi PAUD, dan dari Direktorat Pembinaan PAUD. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya di Tangerang dan Bandung. Mekanisme kegiatan dalam bentuk diskusi kelompok, untuk mendapatkan gambaran dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Kab. Kupang, para peserta melakukan kunjungan ke beberapa lembaga PAUD yang termasuk dalam 100 lembaga penerima bantuan, selain mengobservasi, peserta juga memberikan contoh kegiatan pembelajaran kepada guru – guru di lembaga tersebut.

Hasil yang diharapan dari kegiatan ini adalah adanya draft 10 naskah modul yang mengacu pada 8 standar, diharapkan bahasa yang digunakan sederhana, mudah dipahami dan mudah diimplementasikan. Dan juga mengacu pada 12 karakter dasar yaitu sehat, cerdas, mandiri, bersahabat, rendah hati, murah hati, tertib, jujur, rajin, setia, berani, kreatif. Kegiatan workshop akan dilaksanakan kembali untuk memfinalkan draft 10 naskah modul pembelajaran PAUD.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar