Ini Alasannya PAUD KM 0 di Kemendikbud Jadi PAUD Percontohan

Jakarta, Daycare merupakan solusi bagi ibu bekerja di kota-kota besar. Bukan hanya sekadar tempat menitipkan anak, daycare saat ini juga memiliki program yang bertujuan memberi stimulasi pada si kecil.

Nama TPA Mekar Asih mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun jika disebutkan nama PAUD KM 0 Kemendikbud, orang-orang langsung mengenalinya sebagai salah satu PAUD terbaik di Jakarta, bahkan dilabeli sebagai PAUD percontohan.

"Jadi nama kita sebenarnya TPA Mekar Asih. Nah PAUD KM 0 ini merupakan bagian dari TPA kita," tutur Rifati Gutama, pengurus PAUD Mekar Asih, ditemui di Kompleks Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bunda Rifati menjelaskan bahwa halaman depan merupakan tempat anak bermain bebas saat baru diantar sebelum kegiatan PAUD dimulai, dan saat menunggu orang tua. Ragam permainan ini dimaksudkan agar anak tidak bosan dan bisa bereksplorasi.

Kegiatan PAUD sendiri baru dimulai pukul 08.30 pagi. Anak-anak akan diminta untuk cuci tangan, berdoa, yang langsung dilanjutkan dengan kegiatan makan pagi. Setelah itu, anak akan dikelompokkan sesuai kategori usianya dan melanjutkan aktivitas dengan kelompok masing-masing.

Ada tiga kelompok di PAUD Mekar Asih KM 0. Pertama adalah kelompok bintang untuk anak usia 1-3,5 tahun, kelompok bulan untuk anak 3,5 sampai 4,5 tahun dan kelompok matahari untuk anak 4,5 sampai 6 tahun. Sayangnya, PAUD Mekar Asih KM 0 tidak menerima anak di bawah satu tahun.

"Ruangannya dan fasilitasnya sih ada cuma SDMnya kita yang belum cukup. Saat ini SDM kita hanya 14 orang, pengajarnya 8 dengan jumlah anak 35 orang," tutur Bunda Rifati.

Selain yang sudah disebutkan di atas, PAUD Mekar Asih KM 0 juga memiliki fasilitas lain dan tergolong lengkap. Tak hanya ruang kelas, PAUD Mekar Asih KM 0 juga memiliki area bermain peran, area musik, area prakarya hingga unit kesehatan serta toilet khusus anak-anak.

"Karena konsep kita kan bermain sambil belajar, tidak diajarkan calistung (baca, tulis, hitung) tetapi dikenalkan secara bertahap," tandasnya lagi.

Bicara soal program pengajaran, PAUD Mekar Asih KM 0 berpedoman langsung kepada Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 bagi PAUD dan Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. Tentu saja karena berada di linkungan Kemendikbud, penerapan Permenkes tersebut wajib dilakukan.

Sri Mulyani, Kepala Sekolah PAUD Mekar Asih KM 0, mengatakan kurikulum yang ada bukan dimaksudkan agar anak memiliki kepintaran jenis tertentu. Kurikulum yang dimaksud adalah standar soal apa saja yang harus bisa dicapai anak dan dikategorikan berdasarkan usianya.

"Karena memang tumbuh kembang anak itu berbeda-beda ya. Jadi kurikulum ini sebagai bukan menilai anak dengan nilai A, B atau C tapi lebih kepada pengkategorian apa saja yang sudah bisa dilakukan anak," ungkap wanita yang akrab disapa Bunda Yani ini.

Maka dari itu, program di PAUD Mekar Asih KM 0 tidak hanya mementingkan intelligence quotient (IQ) namun juga emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ). Ketiga aspek kecerdasan ini diintegrasikan langsung dalam proses kegiatan di PAUD Mekar Asih KM 0.

"Misalnya tema bulan ini soal ikan, SQ-nya kita ajarkan bahwa ikan ini ciptaan Tuhan. Iq-nya bisa bagaimana cara ikan hidup dan bernapas dalam air, sementara EQ bisa bagaimana cara memanfaatkan ikan untuk diri sendiri dan orang lain," tuturnya lagi.

Fitria, ibunda dari Ayla, merupakan salah satu orang tua yang mengaku sangat terbantu dengan adanya PAUD Mekar Asih KM 0. Selain tidak harus khawatir ketika bekerja, kegiatan yang diterima di PAUD juga terbawa sampai di rumah.

"Baru setahun sih, tapi sudah kelihatan. Sebelumnya dia di rumah itu habis main nggak pernah beresin. Tapi sekarang sudah dibereskan sendiri dan kadang mengingatkan kita juga kalau ada barang di rumah yang belum dibereskan sesudah dipakai," ujar wanita yang berdomisili di Cinere ini.

Tertarik untuk mengetahui lebih jauh? PAUD Mekar Asih KM 0 buka setiap hari Senin-Jumat pukul 07.00 hingga 17.00. Meski begitu, PAUD Mekar Asih KM 0 hanya menerima anak dari ibu yang bekerja di Kemendikbud.

Tapi Anda tak perlu kecewa. PAUD Mekar Asih KM 0 menerima kunjungan setiap hari kerja jika hanya ingin melihat-lihat. Ada pula kelas khusus untuk bermain bersama orang tua yang terbuka untuk umum setiap hari Sabtu pukul 10.00 - 13.00.

Artikel dikutip dari: https://helath.detik.com

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar