Cara Mendorong Kreatifitas Pada Anak Usia Dini

 

Pada dasarnya dunia anak adalah dunia kreativitas yaitu Sebuah dunia yang membutuhkan ruang gerak, ruang berpikir, dan ruang emosional yang terbimbing dan cukup memadai, sehingga tiga potensi dasar ini terus mengantarkan anak pada mandirian yang akan berproses menapaki tangga kedewasaan. Ada beberapa faktor yang dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas pada anak usia dini seperti berikut ini :

  1. Menyediakan lingkungan yang mengizinkan anak untuk menjelajah dan bermain tanpa pengekangan-pengekangan yang tak pantas.
  2. Menyesuaikan diri dengan gagasan-gagasan anak-anak.
  3. Menerima gagasan-gagasan yang tidak biasa dari anak-anak, pemecahan masalah divergen anak-anak.
  4. Mengggunakan pemecahan masalah kreatif di semua bagian-bagian pelajaran. Gunakan masalah yang secara alami tentu saja terjadi di hidup setiap hari.
  5. Memberikan waktu untuk anak menjelajah semua berbagai kemungkinan, menggerakkan dari populer ke gagasan-gagasan lebih asli.
  6. Menekankan proses dibanding produk.

       Selain tumbuh dan berkembang, anak-anak adalah pribadi yang kreatif, suka bertanya, rasa ingin tahu (curiositas) yang tinggi, suka berimajinasi. Kalau anak bertanya tentang sesuatu, jawablah sesuai usia anak. Penjelasan yang berbelit-beli akan susah diterima anak.
Sampaikanlah dengan bahasa anak-anak, bahasa yang mudah dimengerti, sesuai kemampuan mereka dalam menerima informasi baru. Kita tidak perlu bosan dengan pertanyaannya yang berulang kali. Justru kitalah yang seharusnya memahami dunia anak dengan baik. Ciptakan suasana baik di rumah atau di sekolah sebagai tempat untuk memancing kreativitas anak.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar