KB Rancage Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini

       Membangun minat baca pada anak usia dini memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti sulit dan tak dapat dilakukan. Kelompok Bermain Rancage sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sumedang,– Jawa Barat melalui Program “KB Rancage Gemar Bercerita” telah memberikan angin segar terhadap pengembangan minat baca pada anak usia dini.

      Ada lima langkah kunci yang diterapkan, yakni :

1. “Dekatkan Aku dengan Buku”. Tentu. Minat baca pada anak akan terbangun ketika anak tak jauh dari buku. Maka jangan jauhkan anak-anak dari buku. Biarkan buku-buku tersebut dekat dengan mereka, setiap hari anak-anak akan mengeksplorasi setiap buku melalui cara yang berbeda-beda. Ada yang hanya melirik, memegang, membuka, dan mencoba memaknai setiap halaman demi halaman buku yang dekat dengannya. Semakin anak dekat dengan buku maka ia mulai belajar membangun minat pertamanya akan aktifitas membaca.

2. “Luangkan Waktu untuk Bersama-sama Membaca Buku”. Anak Usia Dini memiliki sistem imitasi yang kuat dalam dirinya. Oleh karena itu, guru akan senantiasa meluangkan waktu 10-15 menit untuk membaca buku. Disanalah anak membangun proses imitasi atau peniruan terhadap tindakan dan perilaku yang senantiasa dilakukan guru di sekolah. Proses ini tentu harus dilakukan setiap hari oleh guru di dalam kelas sebagai proses pembiasaan.

3. “Kenali, Siapkan dan Berikan Buku Sesuai Dengan Minatnya”. Mengenali kesukaan anak-anak terhadap jenis buku penting dilakukan oleh guru di kelas. Ya. Anak-anak akan tumbuh dan berkembang serta senantiasa mencari segala jenis informasi yang ia sukai. Oleh karena itu, guru sebagai fasilitator harus mampu menyiapkan dan memberikan buku-buku sesuai dengan minat anak-anak.

4. “Buku Ku Menarik”. Pada kesempatan ini, guru harus sangat peka terhadap kemampuan membaca pada anak usia dini, mereka mengembangkan kemampuan membaca pertamanya melalui gambar, bentuk maupun warna, sehingga guru harus dapat memilih model buku yang tepat sesuai dengan tingkat usianya. Memberikan buku yang penuh ragam gambar, bentuk dan warna ternyata jauh lebih disukai oleh anak-anak di sekolah.

5. “Orangtuaku Hebat Bercerita”. Pada Program Aku Gemar bercerita KB Rancage memfasilitasi orang tua untuk mengembangkan minat dan kemampuan membaca sehingga perkembangan minat membaca pada anak usia dini pun semakin meningkat. KB Rancage menyiapkan, melatih para orangtua agar mau meluangkan waktu untuk bercerita kepada anaknya minimal sebelum mereka tidur. Para orang tua di fasilitasi buku cerita oleh KB Rancage dan harus menyampaikan kepada anaknya minimal satu minggu satu buku.

Kelima langkah kunci tersebut semoga dapat membantu sahabat-sahabat Guru PAUD se Nusantara untuk dapat meningkatkan kemampuan minat baca pada anak semenjak dini. Mulailah membaca dari kita untuk seluruh anak Indonesia agar mau membaca.

*** @Redi Awal Maulana S.Pd

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar