GENERASI CERDAS DENGAN GEMAR MAKAN IKAN

    Penelitian Food and Agriculture (FAO) dan World Health Organization (WHO) bahwa Omega-3 dapat menyembuhkan penyakit depresi, skizofrenia serta gejala hipertensi pada anak-anak. Omega-3 salah satunya terdapat pada ikan yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia.

    Selain itu, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani mengandung mineral dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, mineral, asam amino dan terutama Omega-3 sehingga orang tua diharapkan ikut mendorong anak-anaknya untuk gemar memakan ikan sejak dini.

    Sejumlah pemerintah daerah secara rutin gencar melakukan sosialisasi "Gemar Makan Ikan", diantaranya daerah-daerah yang menghasilkan ikan tinggi, yakni Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat, Pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Kabupaten Siak, Riau dengan memperkenalkan manfaat makan ikan sejak dini kepada balita dengan mensosialisasikan langsung ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

     Guru-guru PAUD diharapkan dapat bekerja sama dengan orang tua siswa untuk melakukan edukasi kepada peserta didik untuk mau mengkonsumsi ikan secara berkala. Ikan dan olahannya dijadikan sebagai salah satu menu wajib pada program pemberian makanan tambahan di sekolah-sekolah, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya di wilayah dengan penghasil ikan tinggi.

       Peran guru dalam mendorong siswa gemar makan ikan dengan memasukkan menu olahan ikan pada kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di sekolah, sedangkan orang tua menjadikan ikan sebagai menu harian di meja makan.

    Ikan dan olahannya dijadikan sebagai salah satu menu wajib pada program pemberian makanan tambahan di sekolah-sekolah, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), terutama di wilayah dengan penghasil ikan tinggi.

    Pemerintah kota bekerja sama dengan sejumlah PAUD di wilayahnya memberikan sosialisasi kepada murid tentang manfaat makan ikan dan selanjutnya sebagai apresiasi kepada pengelola PAUD yang menerapkan makan ikan dalam program makanan tamabahan, maka diberikan penghargaan.

    Beberapa alasan mengapa mengonsumsi ikan sangat penting pada masa periode emas anak, antara lain:

    - Daging ikan kaya akan zat besi, kalsium, protein dan asam lemak omega 3 untuk   

      meningkatkan fungsi otak pada anak-anak,

    - Selain itu, khusus omega 3 pada ikan, jauh di atas bahan pangan lain seperti daging sapi,  

      ayam atau yang lainnya. Asam lemak  omega-3 dalam ikan, seperti salmon, bisa 

    - Protein pada ikan sangat mudah diserap tubuh sehingga mampu membantu pertumbuhan  

      anak lebih optimal. Daging ikan juga berserat tipis dan lunak sehingga tiap anak mudah

      untuk memakan dan mencernanya.

    - Kandungan gizi ikan sangat kompleks dan merupakan esensial yang penting untuk tumbuh

      kembang anak. 

      Saatnya,  orang tua terutama para ibu untuk menjadikan menu  ikan sebagai  gaya hidup sehat dan budaya sejak dari tingkat keluarga. 

gambar diambil dari Google.com

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar