Seminar Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini

Yayasan Citra Pendidikan Indonesia menggelar seminar sehari Pendidikan Anak Usia Dini,  bertajuk peran orangtua dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini, Sabtu (19/03/2015), di Gedung A Lantai III Kompleks perkantoran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini dihadiri Dirjen PAUD dan Dikmas, Direktur Pembinaan Anak Usia Dini, Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesataraan, Direktur Pembinaan Keluarga, Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, serta pejabat esolan III dan IV beserta staf.  Selain itu juga dihadiri oleh organisasi mitra diantaranya HIMPAUDI, IGTKI, Kowani, KPAI, akademisi, praktisi, mahasiswa PAUD, masyarakat,  serta pemerhati pendidikan ibu Dewi Motik dan ibu Fery Farhati.

DR. Gusnawirta T. Fasli selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan, hari ini adalah hari ulang tahun yang ke 15 dari Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.  Kegiatan seminar ini mengangkat tema “Peran Guru dan Orang dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran AUD”.  Acara ini sangat bermanfaat dan penting, karena guru dan orangtua harus bermitra agar pembelajaran pada anak usia dini dapat lebih berkualitas. Hal ini sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah membentuk Direktorat Pembinaan keluarga.

“Materi seminar ini diantaranya: 1.  Menjadi orangtua cerdas dalam mendampingi tumbuh kembang anak usia dini oleh Ibu Fery Farhati, S.Psi, M.Si. 2. Keaksaraan awal untuk anak usia dini oleh ibu Ella Yalaelawati, M.A., Ph.D. 3. Aplikasi perkembangan neorosains dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, oleh Dr. Adre Mayza, SPs(K). Dan 4. Mendogeng bersama kak Awam Prakoso”, ungkap GUsnawarti

Lebih lanjut Gusnawirta mengungkapkan bahwa, Yayasan Citra Pendidikan Indonesia telah 15 tahun berdiri.  Yayasan kami dari awal terbentuknya sering melaksanakan seminar parenting pendidikan anak usia dini dengan mengahadirkan ahli psikolog diantaranya ibu Elly Risman dan ahli psikolog lainnya. Karena kami menyadari betapa pentingnya wawasan parenting bagi anak usia dini. Saya sendiri yang sudah nenek-nenek tetap belajar bagaimana mendidik anak usia dini, karena beda sekali mendidik anak dulu dengan anak yang sekarang.

“Alhamdulillah atas kerjasama dengan Dit. Pembinaan PAUD, untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih kepada ibu Ella (Direktur Pembinaan PAUD) beserta staf sehinggga kami dapat melaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan bersama”, ungkap Gusnawirta mengakhiri laporannya.

Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Harris Iskandar mengawali sambutannya, mengajak kepada semua peserta untuk memanjat syukur kehadirat ilahi rabbi, karena kita bisa berkumpul disini untuk sebuah acara yang sangat penting, kita belajar secara berjamaah tentang sesuatu yang luar biasa mengenai pembelajaran anak usia dini.

Pemerintah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. “Atas nama pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kami menyampaikan selamat ulang tahun yang ke 15 kepada Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas sumbangsi yang selama ini diberikan kepada Indonesia khususnya dalam pengembangan program PAUD”, ujar Harris Iskandar. (adrianto)

Gambar diambil dari Google.com

Penulis : Direktorat Pembinaan PAUD
Kurator : -

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar